Senin, 25 Juni 2012

Topeng Etnis


ondel ondel
Topeng etnis adalah topeng yang dibuat oleh masyarakat suku bangsa yang tidak atau sedikit dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu atau kebudayan luar lainnya. Fungsi topeng ini yaitu keperluan upacara yang berkenaan dengan roh atau mengambarkan makhluk makhluk dunia luar atau alam gaib. Tidaksemua masyarakat etnis di Indonesia memiliki topeng semacam ini, beberapa masih dikenal dalam masyarakat Batak, Dayak, Sepik (Irian Timur). Tidak menutup kemungkinan banyak masyarakat yang mempunyai topeng semacam ini tetapi karena terjadi banyak perubahan maka banyak topeng semacam ini punah. 

Pada etnis masyarakat Jakarta (Betawi) topeng etnisnya disebut ondel-ondel. Sekarang topeng ini berfungsi untuk menyambut tamu agung atau upacara perkawinan.

Suku Dayak salah satunya Dayak Apo Kayan di Kalimantan Tengah juga memuunyai topeng etnis yang disebut Hudoq. Topeng ini mengambarkan wajah makhluk mirip burung hudo yang dipakai upacara penanaman padi. Selain itu juga dipakai untuk mengusir roh jahat dan menguasai roh baik.
Suku bangsa di Irian ada yang membuat topeng secara sederhana, misalnya masyarakat yang tinggal di teluk Humbolat. Mereka membuat topeng dengan anyaman rotan sangat halus dan padat, dibuat dengan keahlian yang sangat tinggi. Topeng ini dipakai untuk upacra penguburan dan memanggil roh-roh yang dimintai pertolongan oleh masyarakat untuk pertolongan masyarakat menghilangkan bencana atau mencegah persoalan yng sedang dihadapi.

Topeng etnis di batak Karo disebut toping atau topeng dalam bahasa Batak Toba. Toping dipakai para guru atau semacam dukun yang menari dalam upacara penguburan  dari masyarakat meninggal.
Kehidupan masyarakat modern saat ini menemaptkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan.Dalam masa sekarang ini ada yang disebut pertunjukan topeng kontemporer seperti yang sering dipergakan seeiman tari Didi Nini Towok. Dalam pertunjukkan ini seniman bebas mengekpresikan dirinya.

http://www.dtopengkingdommuseum.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar